Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang eror

December 18, 2012 at 9:42 pm | Posted in Tips Komputer | Leave a comment
Tags: , , , , ,

Artikel Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri atau Sensitif ini berdasarkan kisah nyata dan bukan fiktif belaka hehehe Ketika mengetik tanpa melihat tombol keyboard, kedua jari telunjuk saya selalu mencari posisi huruf ‘f’ untuk telunjuk kiri dan ‘j’ untuk telunjuk kanan. Kedua tombol ini telah diberi tanda berupa benjolan khusus, sehingga kedua telunjuk dapat mudah mencarinya dan menempatkan posisi dengan pas.

Namun, alangkah kagetnya saya karena tombol ‘j’ saya tiba-tiba sangat sensitif. Belum ditekan sudah mengeluarkan huruf j dalam jumlah banyak sekali. Wow! kontan saya kaget. Wah-wah ne tombol pasti sedang error. Sensi banget tuh hehehe :-) maklum mungkin terlalu banyak diajak online sampai tombol ‘j’ menjadi sensi. Saya coba lagi menyentuh -bukan menekan- tombol ‘j’, ternyata benar tombol ini sudah tidak berfungsi normal lagi.

Saya pun melakukan pengecekan seluruh tombol keyboard netbook. Barangkali yang lagi sensi bukan hanya tombol ‘j’ tetapi juga tombol lain. Alhasil tombol ‘>’ pun sedang sensi. Pengecekan saya lakukan menggunakan software keyboard checker yang dapat di download gratis dari internet. Insya Allah akan saya buatkan tutorialnya di kesempatan berikutnya. Dari pengecekan tersebut memang benar tombol ‘j’ dan tombol ‘>’ tidak berjalan sebagaimana mestinya. Baru disentuh sedikit huruf ‘j’ dan ‘>’ sudah nongol puluhan di notepad.

Wah! inilah saatnya saya istirahatnya si netbook. Saya langsung melakukan Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri atau Sensitif. Insya Allah teman-teman semua pasti bisa melakukannya sendiri. Tentu dengan panduan teknisi komputer gratis ini. Nah yuk langsung saja kita simak pengalaman saya membongkar dan menyembuhkan dua tombol penting tersebut.

Stop! Anda tidak perlu berputar-putar terus di internet untuk mencari solusi atas permasalahan yang terjadi pada perangkat komputer Anda. Qbonk Media Group telah menyiapkan lebih dari 10 Ebook Teknisi Komputer paling lengkap untuk Anda. Ebook teknisi PC, Laptop, Jaringan, Motherbord, Printer, Hardisk, Monitor LCD, Power Supply, BIOS dan Panduan Windows 7 terupdate ditambah dengan berbagai bonus ada disini. Mau? Download Ebooknya sekarang juga!

Peralatan yang dibutuhkan :

1. Cutter

2. Obeng minus kecil

3. Kuas lembut

Nah inilah step by step cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri atau Sensitif :

1. Matikan netbook kita untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Congkel perlahan tombol yang bermasalah, dalam kasus saya ini tombol ‘j’ dan tombol ‘>’. Mencongkelnya bisa menggunakan obeng minus kecil atau ujung cutter

3. Bersihkan menggunakan kuas, dalam kasus saya ternyata dibawah tombol ‘j’ dan ‘>’ ini banyak sekali kotoran terutama dari debu.

4. Sisipkan ujung cutter dibawah plat yang berada dibawah karet lentur tombol keyboard Anda.

5. Gerak-gerakkan ujung cutter tersebut pelan-pelan dan berhati-hatilah jangan sampai memutus jalur keyboard. Lakukan berulang kali, karena penyebab sensitifnya keyboard adalah karena kotoran atau karat atau debu lembab yang menempel di bawahnya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri atau Sensitif image

6. Hidupkan laptop Anda. Coba sentuh karet tombol huruf yang bermasalah.Dalam kasus saya, tombol ‘j’ dan ‘>’. Ternyata tombol ‘j’ belum berhasil. Saya pun mengulangi cara ke 5 pada sisi plat yang lain. Saya cek lagi dan Alhamdulillah berhasil! :-)

8. Tutup kembali karet keyboard dengan tombol yang telah dilepas tadi. Caranya cukup mudah, hanya dengan memasang dan menekannya tombol telah terpasang kembali.

9. Ucapkan Alhamdulillah, akhirinya tombol saya sembuh total dan tidak sensi lagi. Sebagai maintenance saya pun membersihkan sela-sela keyboard menggunakan kuas lembut. Atau jika punya, bisa menggunakan mini vacuum cleaner.

Demikianlah artikel tips komputer tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri atau Sensitif, semoga artikel ini bisa melengkapi ebook teknisi laptop buat Anda. Jika Anda bisa menservice laptop sendiri, mengapa harus mengeluarkan banyak uang untuk menunggu laptop Anda ‘sekolah’ ke tempat service? hehehe :-) salam sukses, barakallahu lana walakum fi ulumina wa ulumikum. Amin

Keyword:panduan service motherboard pdf,Bagaimana cara mencari tombol leptop yang terpenjet,sensitif netbook,perbaiki keyboard bios,menservice tombol keyboard netbook,mengatasi keyboard komputer sensitif,memperbaiki keyboard yang tombol terus,laptop masuk bios keyboard gerak sendiri,keyboard laptop terpencet terus,keyboard laptop terpencet sendiri

About these ads

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: