Charcot-Marie-Tooth disease, Salah satu Penyakit Turunan yang Lemahkan Saraf Lengan & Kaki

December 15, 2012 at 6:04 am | Posted in Tips Kesehatan | Leave a comment
Tags: , , , , , ,

FOTO:Thinkstock Pengobatan

Tidak ada obat untuk Charcot-Marie-Tooth disease, namun beberapa perawatan dapat membantu Anda mengelola tanda-tanda dan gejalanya.


1. Obat-obatan
Meskipun kebanyakan orang dengan Charcot-Marie-Tooth disease tidak mengalami sakit, beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit karena kram otot atau kerusakan saraf. Dalam kasus tersebut, obat penghilang rasa sakit mungkin diperlukan untuk mengendalikannya.


2. Terapi
Terapi untuk Charcot-Marie-Tooth disease melibatkan penguatan otot dan peregangan untuk mencegah pengetatan dan kehilangan otot. Beberapa orang dengan Charcot-Marie-Tooth penyakit mungkin mengalami kelemahan di lengan dan tangan, yang memerlukan terapi okupasi pada tangan.


Banyak orang dengan Charcot-Marie-Tooth disease memerlukan bantuan perangkat ortopedi tertentu untuk mempertahankan mobilitas sehari-hari dan untuk mencegah cedera.


3. Operasi
Jika deformitas kaki telah parah, operasi kaki korektif dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kemampuan pasien untuk berjalan. Tetapi operasi tidak dapat mengatasi kelemahan atau menghilangkan sensasi.


Sumber: MayoClinic

Gejala

Tanda dan gejala dari Charcot-Marie-Tooth disease meliputi:


1. Kelemahan pada pergelangan kaki
2. Kehilangan massa otot di kaki
3. Jari kaki meringkuk
4. Penurunan kemampuan untuk menggerakkan kaki
5. Kesulitan mengangkat kaki di bagian pergelangan kaki
6. Sering tersandung atau jatuh
7. Penurunan sensasi di kaki
8. Kaki mati rasa

Penyebab

Charcot-Marie-Tooth disease disebabkan oleh mutasi pada gen yang terlibat pada struktur dan fungsi saraf yang menyokong, kaki, tangan dan lengan. Dalam beberapa kasus, mutasi genetik menyebabkan kerusakan pada saraf itu sendiri.


Mutasi lainnya dapat merusak selubung myelin, lapisan pelindung yang mengelilingi saraf yang pada akhirnya dapat memperlemah perjalanan sinyal otot-otot antara kaki dan otak. Hal ini berarti beberapa otot kaki tidak dapat menerima sinyal dari otak untuk melakukan kontraksi.


Otak juga tidak dapat menerima pesan rasa sakit dari kaki, sehingga meskipun kaki lecet dan terinfeksi sekalipun, Anda tidak akan pernah merasakan rasa sakitnya yang hanya tampak jika dilihat.

Deskripsi

Charcot-Marie-Tooth disease adalah sekelompok gangguan yang turun-temurun dalam keluarga dan mempengaruhi saraf-saraf di lengan dan kaki. Penyakit ini terutama menyebabkan kelemahan otot yang gejalanya dapat bervariasi pada masing-masing orang, bahkan di antara anggota keluarga, tetapi cenderung memburuk perlahan-lahan dari waktu ke waktu.



 

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: