Interaksi dengan Alam Dorong Kreativitas seseorang itu sendiri

December 17, 2012 at 12:13 am | Posted in Tips Kesehatan | Leave a comment
Tags: , , ,

Jakarta, Kreativitas bisa digali dengan berbagai cara seperti memperluas jaringan pertemanan atau mengubah pola pikir. Namun baru-baru ini sebuah studi mengungkapkan bahwa kreativitas juga bisa diperoleh dengan melakukan kegiatan di alam terbuka seperti backpacking dan mendaki gunung, asalkan gadget-gadget andalan Anda ditinggal di rumah.

Menurut studi ini, backpacking atau beraktivitas di alam terbuka selama empat hari tanpa memanfaatkan laptop, iPhone atau perangkat berteknologi tinggi lainnya disinyalir dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah secara kreatif hingga 50 persen.


Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti mengamati 30 pria dan 26 wanita (dengan usia rata-rata 28 tahun) yang berpartisipasi dalam Outward Bound atau sekelompok yang melakukan ekspedisi kepemimpinan untuk generasi muda dan orang dewasa ke penjuru Alaska, Colorado, Maine dan Washington, AS.


Sebelum pendakian dimulai, 24 partisipan menjalani Remote Associates Test yang biasanya digunakan untuk menilai tingkat kreativitas seseorang. Sedangkan 32 partisipan lainnya baru menjalani tes yang sama setelah pendakian selesai.


Hasilnya, partisipan yang menjalani tes sebelum mendaki rata-rata bisa menjawab 4 dari 10 pertanyaan yang diberikan peneliti dengan tepat. Namun partisipan yang menjalani tes empat hari setelah mendaki bisa menjawab 6 dari 10 pertanyaan.


Meski tampaknya perbedaan 2 jawaban itu tak begitu signifikan, nyatanya kondisi ini justru menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah partisipan hingga 50 persen.


“Alam tampaknya bisa dijadikan salah satu cara paling efektif untuk menenangkan pikiran seseorang dan meningkatkan pemikiran kreatifnya, termasuk mengesampingkan rasa khawatir yang dimilikinya,” ungkap peneliti David Strayer, profesor psikologi dari University of Utah.


“Rangsangan dari pepohonan, sungai, burung dan angin terbukti jauh lebih lembut daripada gemuruh suara klakson mobil, ponsel dan segala tetek-bengek kehidupan modern. Tak heran jika orang-orang yang berada di alam terbuka merasa tak begitu terganggu sehingga kreativitasnya dapat meningkat,” pungkasnya seperti dilansir dari myhealthnewsdaily, Jumat(14/12/2012).


Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE.


 

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: