Tips Cara Bakar Kalori Lebih Banyak Saat Naik Tangga

December 17, 2012 at 9:18 pm | Posted in Tips Kesehatan | Leave a comment
Tags: , , , , ,

Jakarta, Memilih lewat tangga dibanding naik lift adalah cara tepat untuk menurunkan berat badan. Namun jika ingin berat badan turun lebih cepat, jangan sembarangan naik tangga. Ada cara jitu yang akan membuat kalori terbakar lebih banyak.

Cara tersebut tidak sulit dilakukan, hanya butuh sedikit kesabaran karena memang butuh waktu sedikit lebih lama. Ya, seseorang harus menaiki satu persatu anak tangga jika ingin membakar kalori lebih banyak dan bukan dengan melompati 2 anak tangga sekaligus seperti saat sedang buru-buru.


Melompati 2 anak tangga sekaligus memang bisa mempersingkat waktu dan kalau dirasakan juga lebih melelahkan. Tapi menurut penelitian, rasa lelahnya tidak sebanding dengan jumlah kalori yang dibakar terutama bila dibandingkan dengan menaiki anak tangga satu persatu.


Dr Lewis Halsey dari University of Roehampton membuktikan hal itu setelah mengamati cara orang menaiki tangga sejauh 15 meter selama 5 kali dalamj seminggu. Jika naiknya satu persatu, rata-rata terjadi pembakaral 302 kalori sedangkan jika ada anak tangga yang dilompati maka rata-rata hanya 206 kalori.


“Kesimpulan kami, lebih baik naik tangga satu persatu jika ingin menginginkan pembakaran kalori paling banyak,” kata Dr Hasley seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (14/12/2012).


Mengenai alasannya, Dr Hasley memberikan sebuah penjelasan biomekanik. Menurutnya, naik tangga satu persatu akan menghasilkan kontraksi otot yang lebih singkat sehingga energi yang dihasilkan juga semakin besar dibandingkan saat melompati 2 anak tangga.


Lamanya waktu yang dibutuhkan ketika harus telaten menaiki tangga satu persatu juga menggambarkan jumlah kalori yang terbakar. Tidak sulit untuk membayangkan bahwa aktivitas fisik yang semakin lama akan menghasilkan pembakaran kalori yang lebih besar pula.


Berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa naik tangga, bagaimanapun caranya akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain membantu menurunkan berat badan, aktivitas ini juga meningkatkan kebugaran dengan menaikkan kapasitas vital paru-paru yang dinyatakan sebagai VO2Max.


 

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: