Bayi Bisa Belajar Lebih Baik Kalau Sedang Duduk sempurna

December 18, 2012 at 6:23 pm | Posted in Tips Kesehatan | Leave a comment
Tags: , , , , ,

Jakarta, Masa bayi adalah masa yang sangat krusial bagi perkembangan seorang anak karena di saat itulah si anak belajar menyerap dan belajar berbagai hal. Baru-baru ini sebuah studi baru pun mengungkap bahwa kemampuan bayi untuk bisa duduk memainkan peranan penting dalam proses pembelajaran.

Secara rinci, tim peneliti dari North Dakota State University dan Texas A&M menemukan bahwa posisi tubuh sederhana bayi itu, entah duduk dengan sendirinya atau dibantu oleh orang dewasa berperan penting dalam perkembangan kognitif atau kemampuannya mempelajari berbagai obyek.


Melalui dua percobaan, Woods memastikan bahwa bayi berusia 5,5 bulan dan 6,5 bulan tidak menggunakan pola tertentu untuk membedakan obyek yang mereka lihat. Namun bayi berusia 6,5 bulan bisa lebih mudah menggunakan pola tertentu untuk mempelajari suatu obyek jika mereka diberi kesempatan untuk melihat, menyentuh dan merasakan obyek itu.


“Keuntungan yang dimiliki bayi berusia 6,5 bulan mungkin adalah kemampuannya untuk bisa duduk sendiri sehingga mereka lebih mudah untuk menggapai, memegang dan memanipulasi berbagai obyek. Jadi jika bayi tak perlu fokus untuk menyeimbangkan dirinya maka perhatiannya untuk mengeksplorasi suatu obyek akan terkerahkan sepenuhnya,” tandas salah satu peneliti Rebecca J. Woods seperti dilansir zeenews, Jumat (14/12/2012).


Dalam percobaan kedua, bayi berusia 5,5 bulan diberi dukungan penuh ketika tengah duduk untuk mengeksplorasi suatu obyek. Ketika posturnya diberi dukungan, mereka pun mampu menggunakan pola tertentu untuk membedakan beberapa obyek.


“Membantu seorang bayi duduk dengan cara yang aman dan terdukung dengan baik selama sesi pembelajaran akan membantu mereka menghadapi berbagai situasi belajar yang berbeda-beda, tak hanya ketika mempelajari fitur obyek tertentu,” kata Woods.


Jadi jika bayi bisa duduk, entah itu duduk sendiri atau dibantu oleh orang dewasa maupun didudukkan ke kursi khusus untuk bayi maka mereka akan bisa mempelajari segala sesuatu dengan lebih baik.


“Temuan ini bisa bermanfaat, terutama bagi bayi yang perkembangan kognitifnya tertunda namun benar-benar membutuhkan lingkungan pembelajaran yang optimal,” pungkasnya.


Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Developmental Psychology.


 

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: