Gelas pendeteksi bila ada Obat Penenang

December 19, 2012 at 10:29 pm | Posted in Tips Kesehatan | Leave a comment
Tags: , , , ,

Jakarta, Obat bernama Rohypnol atau Ruffies sering dipakai oleh pemerkosa untuk memperdaya korbannya. Obat ini biasanya dicampurkan ke dalam minuman dan membuat peminumnya hilang kesadaran. Sebuah perusahaan membuat gelas khusus yang akan berubah warna begitu bereaksi dengan obat ini.

Karena seringnya disalahgunakan, Rohypnol sampai terkenal dengan julukan ‘rape drug’ atau obat perkosaan. Obat ini sangat sulit dideteksi jika sudah tercampur dengan minuman karena tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa. Peminum obat ini tak akan menyadari dirinya telah terperdaya.


Khawatir dengan penyalahgunaan obat ini, sebuah perusahaan kecil bernama DrinkSavvy menciptakan cangkir, sedotan dan pengaduk minuman yang dapat mendeteksi keberadaan Rohypnol dalam minuman. Sang pendiri perusahaan mengaku terinspirasi membuat produk ini karena pernah menjadi korban.


“Dalam 3 tahun terakhir, 3 teman terdekat saya dan saya sendiri telah menjadi korban tanpa disadari sedang dibius. Dan saya ingin mencegah hal itu terjadi kepada orang lain,” kata Mike Abramson, pendiri DrinkSavvy seperti dikutip dari Medical Daily, Jumat (1/12/2012).


Untuk membuat produknya Abramson merekrut Dr John MacDonald, profesor kimia di Worcester Polytechnic Institute di Massachusetts. MacDonald diminta membuat suatu bahan khusus yang akan berubah warna bila terkena 3 buah obat yang sering digunakan oleh pemerkosa, yaitu GHB, ketamine dan Rohypnol.


Obat-obat ini bekerja dengan cara menyerang sistem saraf pusat. Setelah dikonsumsi, obat ini dapat menyebabkan kantuk, amnesia dan hilang kesadaran. Gelas kaca keluaran DrinkSavvy akan berubah warna menjadi merah jika ada ketiga obat di atas yang tercampur di dalam minuman.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: