Merawat layar Monitor, Gunakan Cairan Aman

December 23, 2012 at 11:51 pm | Posted in Tips Otomotif | Leave a comment
Tags: , , , ,


Sistem In car entertainment di kabin mobil memang mengandalkan komponen monitor head unit sebagai penunjang visualnya. Perlakuan khusus terhadap monitor sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. “Sebenarnya untuk membuat permukaan monitor tetap terjaga kebersihannya, kabin harus selalu bersih dari debu. Sebab debu yang beterbangan ketika pintu mobil dibuka-tutup, akan menyusup ke celah yang ada terutama di bagian pinggir frame monitornya,” jelas Stefen, instalatur Auto Garage di Jl. Raya Prapen, Surabaya, Jatim.


Monitor head unit yang ada saat ini sudah mengaplikasi jenis touchscreen alias layar sentuh. Panel touchscreen yang digunakannya sendiri berjenis kapasitif, yang terdiri dari insulator seperti kaca dan dilapisi dengan konduktor transparan seperti timah oksida indium.

Produsen monitor untuk head unit mobil kini juga mengembangkan touchscreen tipis dan lebih akurat, dengan teknologi di-sel yang menghilangkan lapisan-lapisan tadi. Jenis ini mampu mengurangi jarak dalam milimeter, antara jari pengguna dengan layar. Sehingga memungkinkan gerakan pada tampilannya menjadi lebih responsif. Selain itu tak perlu perawatan khusus, lantaran desainnya sudah dibikin lebih kuat untuk mobile.

Namun enggak ada ruginya jika rutin membersihkan permukaan layar sentuh monitor head unit mobil Anda. Sebab ujung jari tangan kita pasti mengandung cairan keringat bercampur minyak. Selain dapat bikin layar monitor terlihat bias, kenikmatan mata ketika menatap tampilan video pasti sedikit terganggu.

Kiat mudah dalam membersihkan permukaan monitor head unit maupun head rest monitor, dapat gunakan cairan pembersih. Menurut Stefen, bisa memakai semprotan untuk membersihkan HP atau keyboard komputer, kemudian dilap menggunakan kain halus yang biasa untuk mengelap kacamata.


Cairan pembersih juga disediakan oleh produk Ice dari Turtle Wax. Menurut Suhendra, Marketing Manager PT Laris Chandra, Turtle Wax, distributor resmi produk Turtle Wax di Tanah Air, Ice sebagai cairan perawatan interior mobil juga aman digunakan untuk membersihkan permukaan monitor head unit.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: